iklan Yuk. . .

Iklan Yuk. . .

Sponsor Setia

02 November 2009

MAknai Sumpah Pemuda


Dalam rangka memperingati 81 Tahun “Hari Sumpah Pemuda”, SMA Negeri 1 Tarakan menggelar “Bulan Bahasa” bertemakan “ Melalui Bulan Bahasa Kita Bangkitkan Semangat Berbahasa, Berbangsa, dan Bernegara dengan Keimanan dan Ketaqwaan”. Acara tahunan ini dibuka langsung oleh Panitia Bulan Bahasa, Bapak Fahmi Riadl,S.Pd. pada hari Jum’at,23 Oktober 2009 pukul 7.30 WITA. Acara akan berakhir setelah acara puncak pada hari Rabu, 28 Oktober 2009. Pelaksanaan Bulan Bahasa diikuti dengan berbagai Lomba, antara lain Lomba Cerpen, Lomba Cerdas Cermat, Lomba Pidato, Lomba Cipta dan Baca Puisi, Lomba Drama Singkat, dan Lomba Nasyid. Lomba-lomba tersebut tidak langsung dilaksanakan pada pagi itu juga, namun dilaksanakan secara berkala setelah Kegiatan Belajar Mengajar usai.

Jum’at, 23 Oktober 2009 diawali dengan Lomba Menulis Cerpen pada pukul 15.30-17.30 WITA. Peserta lomba merupakan perwakilan kelas X-XII. Peserta dapat memilih salah satu tema dari 4 tema yaitu, Nasionalisme, Kebudayaan, Kesetiakawanan, dan Adiwiyata. Lomba dilaksanakan di Lab. Komputer 1 SMA Negeri 1 Tarakan. Berakhir Lomba Menulis Cerpen, Sabtu, 24 Oktober 2009 dilanjutkan dengan Lomba Pidato. Peserta Lomba merupakan perwakilan dari tiap kelas X-XII. Tidak berbeda dengan Lomba Menulis Cerpen, tema dapat dipilih dari 2 tema yaitu, Nasionalisme dan Adiwiyata. Lomba dilaksanakan di Ruang Multimedia mulai pukul 13.00-16.00 WITA. Bersamaan dengan Lomba Pidato, di Aula SMA Negeri 1 Tarakan berlangsung Penyisihan Lomba Cerdas Cermat. Kali ini peserta terdiri dari SMA se-Kota Tarakan. Penyisihan Lomba Cerdas Cermat pun dilanjutkan pada hari Minggu, 25 Oktober 2009. Dari babak penyisihan, didapatlah pemenang yang akan melanjutkan ke babak Final pada Acara Puncak Bulan Bahasa, antara lain Dua Tim dari SMAN 1 Tarakan dan Tim SMAN 3 Tarakan. Di tempat yang berbeda, Gazebo SMA Negeri 1 Tarakan berlangsung Lomba Cipta Puisi yang terdiri dari perwakilan SMA se-Kota Tarakan. Kedua Lomba dimulai pukul 10.00 WITA. Senin, 26 Oktober 2009 diadakan Lomba Drama Singkat dan Lomba Nasyid mulai pukul 13.00-16.00 WITA. Lomba Drama Singkat dilaksanakan di Aula SMA Negeri 1 Tarakan, Drama bertema Nasionalisme, Kesetiakawanan, Kebudayaan, dan Adiwiyata. Peserta merupakan perwakilan dari masing-masing kelas X-XII yang diwakili 1 tim, pementasannya maksimal 15 menit. Sedangkan Lomba Nasyid berlangsung di Ruang Multimedia SMA Negeri 1 Tarakan. Lomba ini diwakili oleh SMA/MA dan SMP/MTs se-Kota Tarakan. Selasa, 27 Oktober 2009 berlangsung Lomba Baca Puisi dan Lomba Drama Singkat. Setelah peserta menciptakan puisi pada hari Minggu lalu, saat ini peserta wajib menampilkan Puisi ciptaan mereka masing-masing di Ruang Multimedia SMA Negeri 1 Tarakan. Lomba Drama Singkat merupakan lanjutan dari Lomba Drama Singkat pada hari Senin. Lomba di mulai pukul 13.00-16.00 WITA.

Akhirnya sampailah pada Acara Puncak Bulan Bahasa. Rabu, 28 Oktober 2009 warga SMA Negeri 1 Tarakan berpenampilan berbeda seperti hari biasa. Hari ini Peremuan mengenakan pakaian Kebaya, sedangkan Laki-laki mengenakan Kemeja, sehingga membuat Acara ini terlihat formal. Penggelaran Bulan Bahasa yang bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta pada Bangsa khususnya Budaya Indonesia serta memberikan berbagai ilmu pengetahuan terhadap siswa tentang pentingnya menjaga kelestarian budaya bangsa ini dihadiri oleh tamu-tamu penting seperti, Ketua Komite dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Tarakan. Ada pun susunan Acara Bulan Bahasa yakni:

1. Pembukaan
2. Sambutan-sambutan
3. Pembacaan Doa
4. Final Lomba Cerdas Cermat
5. Hiburan Teater
6. Pengumuman dan Penampilan Pemenang Lomba
7. Penutup

DSC_0149NAcara dibuka tepat pukul 10.00 WITA oleh Ibu Rasti Januarita, S.Pd yang berlaku sebagai Pembawa Acara. Selanjutnya Sambutan-sambuta dari Ketua Panitia, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Tarakan, Ketua Komite, dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Tarakan. Pada saat pembacaan doa yang dipimpin oleh Bapak Ibrahim, S.Ag, para tamu beserta yang hadir disana mingamini dengan hikmat. Kemudian Final Lomba Cerdas cermat pun berlangsung, ketegangan terlihat dari wajah para peserta. Tim A dan B ditempati oleh perwakilan SMA Negeri 1 Tarakan dan Tim C ditempati oleh SMA Negeri 3 Tarakan. Dengan semangat dan keyakinan para peserta menjawab berbagai pertanyaan dari dewan Juri. Saat babak rebutan, sempat terjadi penundaan karena mati lampu. Sehingga acara diisi oleh penampilan Teater SMA Negeri 1 Tarakan. Usai penampilan Teater, dilanjutkan kembali Final Lomba Cerdas Cermat. Dan pemenang langsung diumumkan. Juara pertama diraih oleh Tim B perwakilan dari SMA Negeri 1 Tarakan dengan nilai 190, Juara kedua diraih oleh Tim A perwakilan dari SMA Negeri 1 Tarakan dengan nilai 150, dan Juara ketiga diraih oleh Tim C perwakilan dari SMA Negeri 3 Tarakan dengan nilai 120. Kemudian diumuman pula Pemenang Lomba menulis Cerpen, Juara pertama atas nama Banyuriatiga dari kelas XI IPA 1 dengan judul “Harga Mati Bagi Dodo”, Juara kedua atas nama Nurul Ayu Permatasari dari kelas XII Bahasa dengan judul “Maafkan Aku, Sahabat”, Juara ketiga atas nama Devi Lestari dari kelas XI IPA 4 dengan judul “Kemerdekaan Untuk Kami”. Dilanjutkan pengumuman pemenang Lomba Pidato, Juara pertama atas nama Ince Hawarida R. dari kelas XI Bahasa, Juara kedua atas nama Ulfah dari kelas X-D, Juara ketiga atas nama Trikortea dari kelas XI IPA 2. Pemenang Lomba Cipta dan Baca Puisi diraih Nur Syaida Annisa dari SMA Negeri 1 Tarakan sebagai Juara Pertama, Rahmat Aras dari SMA Negeri 1 Tarakan sebagai Juara Kedua, dan Martika dari SMA Negeri 3 Tarakan sebagai Juara ketiga. Untuk Pemenang Lomba Drama Singkat diraih oleh kelas XI Bahasa sebagai Juara Pertama, XII IPA 3 sebagai Juara Kedua, dan XII IPS 2 sebagai Juara Ketiga. Dan yang terakhir Pengumuman Pemenang Lomba Nasyid. Juara Pertama dari kelompok putra SMP Negeri 1 Tarakan, Juara Kedua dari kelompok putra SMA Negeri 3 Tarakan, dan Juara Ketiga dari kelompok putri SMA Negeri 1 Tarakan. Para pemenang mendapatkan 1 buah tropy, sertifikat, serta uang pembinaan. Setelah selesai pembacaan pemenang lomba, dilanjutkan dengan penampilan para pemenag lomba. Pukul 13.30 WITA, akhirnya acara pun ditutup. Bulan Bahasa akan diadakan kemali tahun depan. Semoga dengan diadakannya Bulan Bahasa, Pemuda Pemudi Indonesia dapat lebih meningkatkan rasa Nasionalisme dalam diri mereka, mencintai Negeri dan Bangsa ini dan meneruskan perjuangan Pemuda Pemudi yang telah mengikrarkan Sumpah Pemuda.

Hidup Pemuda Pemudi Indonesia ! Berjaya Indonesia !

.::Artikel Menarik Lainnya::.



Comments :

0 komentar to “MAknai Sumpah Pemuda”

Poskan Komentar

toLong ComEnt ya. . .
ThankS


ShoutMix chat widget

iklan yuk. . .

Related Posts with Thumbnails

Apa Pendapat KamiU ttg my BloG ???™


widget
 

Copyright © 2009 by Info Symoi

SYMOI Categories 1 Categories 2 Categories 3 Categories 4 Categories 5